Started on January 1, 2018

Les privat Baca Tulis Al-Quran (BTQ) Dewasa ini diperuntukan oleh orang-orang dewasa yang belum berkesempatan bisa membaca Al-Quran dengan fasih. Bisa dimulai dari siswa yang sama sekali tidak dapat membaca Al-Quran, atau sudah bisa namun masih terbata-bata.

Dalam les privat Baca Tulis Al-Quran (BTQ) di PRIVAT BANDUNG ini menggunakan metoda iqro dalam pembelajarannya. Metode Iqro’ sendiri merupakan sebuah metode belajar membaca Alquran yang langsung menekankan untuk mengenal huruf-huruf arab (hijaiyah) dan sekaligus latihan membaca.

Metode iqro’ terdiri dari 6 jilid, yaitu:

Jilid 1, tahap pengenalan huruf-huruf hijaiyah dengan harokat fathah.
Jilid 2, tahap pengenalan huruf-huruf yang disambung dan bacaan panjang/ mad.
Jilid 3, tahap pengenalan harokat kasroh dan dhommah serta latihan lanjutan huruf-huruf bersambung dan bacaan mad.
Jilid 4, tahap pengenalan nama-nama huruf hijaiyah, tanwin, dan sukun, serta huruf-huruf qolqolah.
Jilid 5, tahap pengenalan waqof, tasydid, dan bacaan sesuai hukum tajwid.
Jilid 6, tahap pemantapan bacaan sesuai dengan hukum tajwid.

Setiap akhir jilid terdapat evaluasi belajar guna mengetahui kemampuan siswa dalam menguasai materi dalam jilid tersebut. Rata-rata setiap jilid terdiri dari 32 halaman.

Pelaksanaan metode ini dengan mengarahkan siswa belajar secara aktif dengan bimbingan guru. Guru mengarahkan, sedikit menjelaskan diawal sub bab, dan membenarkan ketika salah. Selebihnya siswa diarahkan untuk aktif belajar membaca sendiri dengan pantauan guru. Metode iqro’ sangat efektif dengan menggunakan cara belajar privat. Selain itu untuk Les privat Baca Tulis Al-Quran (BTQ) Dewasa diberikan bahan ajar multimedia berupa CD atau e-learning yang dapat membantu siswa aktif belajar sehingga tujuan belajar bisa lebih cepat.

Leave a comment

Subscribe Untuk Mendapatkan Informasi Menarik Dari Kami


RSS BERITA PENDIDIKAN

  • Seleksi SNMPTN 2019 Tetap Berbasis Akreditasi Sekolah
    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) memutuskan untuk mengurangi daya tampung untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2019 menjadi minimal 20 persen....

Copyright Priba.id 2018 Allright Reserved